Kamis, 13 Oktober 2011

Eclair

Tantangan LBT#9 ini temanya Choux Pastry .Udah ada rencana sich mo bikin Eclair aja secara udah 2 kali bikin Eclair gagal terus masih penasaran, mangkanya tantangan kali ini bikin eclair aja lagi (mau naklukin ceritaya hehehe ...) . Setelah 2 kali gak sukses alias gatot alias gagal toltal karena adoanan keenceran trus kaga bisa di bentuk . Gak kepengen gagal maning- gagal maning akhirnya tanya mbak google pantengin dech tuch Youtobe. Alhamduliah yang ke3 ini boleh di bilang berhasil meskipun penampakan gak bagus –bagus amat tapi kali ini bisa di bilang jadi berbentuk éclair .oh iya éclair ini sebenernya adonan soes yang di bentuk memanjang ya . Buat resepnya ambil dari detik Food .


Soes Vla Klasik ( Hadi Tuwendi )
Untuk 18 buah

Bahan Kulit:
A. 120 gr Terigu protein rendah (Misal cap Kunci)
50 gr Butter
60 gr Hollmann butter
240 gr Air

B. ±180 gr Telur ayam kampung
1/2 sdt Toffieco vanila
1 gr Baking powder

Cara membuat, campurkan semua bahan kulit A hingga air mendidih, matikan api dan masukkan terigu. Setelah diaduk rata, nyalakan api kembali, masak sampai matang. Kocok dengan mikser medium speed sampai hangat kaku. Masukkan bahan B hingga adonan licin dan mengkilap. Untuk membuat soes berbentuk kerang, semprot adonan dengan spuit bintang besar di Loyang yang telah dipoles mentega tipis, bentuk menjadi 3 kerang, lalu tambahkan 2 kerang diatasnya. Sus siap dipanggang, suhu atas 190oC dan 220oC api bawah selama 22 menit.

Bahan Isi (Vla Halus):
A. 135 gr Gula pasir
1 gr Garam
350 gr Susu UHT

B. 90 gr Maizena
3 btr Kuning Telur
325 gr Susu UHT

C. 125 gr Fresh cream, kocok
2-3 sdm Toffieco rum BF

Cara membuat isi atau vla, masak semua bahan A hingga mendidih, aduk semua bahan B, lalu campurkan ke A. Masak sampai mendidih dan kental. Angkat, kocok dengan mikser hingga dingin. Simpan di kulkas sebentar hingga dingin. Setelah dingin campurkan bahan C, kocok dengan mikser low speed hingga tercampur rata. Dinginkan vla, lalu semprotkan ke dalam kulit.


Happy Baking ....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar